Friday, July 16, 2010

Syi'ah ?

Ketika Muawiyah wafat, seseorang kepala suku menghunuskan pedang kepada yang lainnya sambil berkata bahwa yang pantas menjadi khalifah berikutnya adalah Yazid, putra Muawiyah. Yang lain terdiam dan akhirnya menerima. Pada saat itu, wajah Islam  yang mengedepankan musyawarah untuk tercapainya baiat kepemimpinan seperti yang diajarkan oleh khalifah empat tak ada lagi. Yazid , tentu menyadari bahwa tak semua sepakat dengan terpilihnya dia sebagai khalifah. Yang berseberangan dianggapnya pemberontak. Sikap paranoid datang. Cucu Nabi , putra Ali , Hassan telah tiada. Namun Hussein yang sudah menjauh dari hiruk pikuk dunia politik, dianggapnya sebagai ancaman akan masa depan kekuasaannya. Yazid berencana untuk membunuh Hussein. Berita ini sampai kepada Hussein. Dengan keberanian diluar akal sehat, pada 60 H ( 680 M ) Hussein mendatangi Yazid untuk mengingatkan tentang persaudaraan dan perdamaian dalam islam. Dengan kekuatan yang tak lebih 72 orang, Hussein berangkat. Ini tidaklah pantas disebut sebagai kekuatan karena termasuk istri Hussein, anak anaknya dan beberapa kerabat tua yang loyo. Hanya segelintir sahabat yang perkasa siap bertempur.

Hussein sadar bahwa keberangkatannya tak lain menjemput sahid. Dia pasti akan terbunuh tapi dia tidak takut karena kematian mengelilingi anak Adam seperti kalung mengelilingi laher gadis muda. Setiap orang harus punya keyakinan untuk tampil melawan kezoliman demi tegaknya keadilan. Bagi Hussein,  bila cucu Nabi, Anak Ali dan Fatimah tidak berani melawan tiran, maka tidak akan pernah ada keteladanan untuk menegakkan kalamullah. Ini bunuh diri yang sublime. Benarlah, ketika mendengar kabar bahwa Hussein dalam perjalanan ke Baghdad, Yazid menyiapkan pasukan kolosal, konon katanya berkekuatan hampir 40,000 pasukan. Di padang Karbala pertemuan antara pasukan Yazid dan Hussein terjadi. Ketika itu sedang musin panas, cuaca mendekati 46 derajat celcius. Satu persatu prajurit Hussein maju kedepan melawan pasukan Yazid. Satu persatu mereka gugur. Sementara yang wanita dan anak anak dan orang lanjut usia meninggal karena kehausan dan terbunuh. Ketika tersisa hanya Hussein, sang jenderal pasukan mengakhiri perlawanan itu dengan memenggal kepala Hussein dan membawanya kehadapan Yazid. Sejarah mencatat bila Hussein cucu Rasul mati syahid, Yazid meninggal membusuk ditempat tidurnya karena penyakit levra.

Yazid menganggap dengan terbunuhnya Hussein maka selesailah. Namun dia keliru. Dengan membunuh cucu Nabi, Hussein, dia telah memercikan nyala api yang  tak akan pernah kunjung padam. Para mereka yang mencintai keluarga Rasul tak sedikit. Lambat namun pasti kumpulan pencinta keluarga Rasul ini berkembang menjadi kelompok tersendiri dan bergerak dengannya caranya sendiri. Mereka menyebut dirinya Rafidhah (Syi'ah) dan memastikan mereka berseberangan dengan khalifah. Komunitas itu dari tahu ketahun terus bertambah dan memendam dendam yang tak kunjung padam pada dinasti islam ketika itu. Mereka bukan saja mempermasalahkan suksesi kekhalifahan islam  tapi mereka juga mempermasalahkan kualitas yang pantas sebagai khalifah. Para pengikut keluarga Rasul ini percaya bahwa ada sesuatu nilai spiritual yang lebih terhadap keluarga Rasul dibandingkan yang lain. Mereka tidak pernah mengatakan bahwa Ali adalah utusan Allah kecuali Imam. Pengertian imam bukan seperti imam sholat dalam islam tapi sesuatu yang lebih dimuliakan. Icon imam ini menjadi issue politik bagi kelompok syiah untuk berjuang akan kehadiran  imam tunggal

Mengapa  sampai adanya pemikiran imam tunggal? Ini berangkat dari premis bahwa Muhammad SAW memiliki beberapa substansi mistis yang nyata diberikan Allah, semacam energy, semacam cahaya.yang mereka sebut barakah Muhammad. Ketika Rasul meninggal , cahaya itu diteruskan kepada Ali bin Abi thalib, dan pada saat itulah Ali menjadi imam pertama. Ketika Ali meninggal, cahaya itu diteruskan kepada anaknya Hassan, yang menjadi imam kedua. Kemudian diteruskan kepada Hussein. Ketika Hussein syahid dipadang Karbala, seluruh gagasan tentang imam berkembang menjadi sebuah konsep teologis yang kaya yang menjawab hasrat religius. Tapi disisi lain , ada kelompok lain  yang beranggapan bahwa Muhammad hanyalah manusia biasa yang tak punya kelebihan lain kecuali dia adalah utusan Allah. Kemudian beliau menteladankannya dalam kehidupan keseharian.  Siapapun yang menteladani rasul maka akan selamat didunia maupun akhirat. Dokrin seperti ini tercermin dari sikap para  khalifah empat sepeninggal Rasul. Kelompok yang beprinsip seperti itu, disebut dengan sunni. Inilah yang membuat perbedaan antara Rafidhah (Syi'ah) dan Sunni, yang semakin hari semakin meluas dan masuk dalam wilayah pertarungan politik dalam islam.

Karena syiah punya keyakinan bahwa bimbingan langsung dari Allah itu masih ada didunia ini melalui orang orang terpilih yang menjadi imam. Diyakini bahwa para imam ini akan menjadi cahaya dan penyelamat jiwa mereka menuju sorga. Apalagi selama kepemimpinan dinasti Islam, akhlak kerakusan terus dipertontonkan oleh para elite. Ini membuat semakin meluasnya paham mereka yang berseberangan dan bertambah keyakinan bahwa hanya Imam yang bisa mensejahterakan ummat sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasul dalam membangun peradaban. Bahwa Rasul cinta dengan orang miskin dan pernah ketika Rasul menyindir orang kaya yang lupa kepada orang miskin dan yatim, Bani Muawiyah termasuk salah satu yang dibicarakannya. Karena Bani Muawiyah termasuk suku yang terkaya ketika itu. Dan Ali bin Thalib dikenal dalam sejarah sebagai pemimpin orang Miskin dan pemnbertani terhadap musuh Allah. Makanya , dalam konteks kini, kita bisa melihat para pemimpin syiah di Iran yang hidup jauh dari kemewahan duniawi dan pemnberani terhadap Yahudi/AS/Barat , yang sangat berbeda dengan para raja dan pemimpin dari Negara yang menganut paham Sunni, seperti Arab Saudi, Emirat Arab , Kwait,  dll yang hidup mempertontonkan kemewahan duniawi dan akrab dengan Yahudi ( AS/Barat).

Bagaimanapun, adanya komunitas syiah dan disisi lain Sunni , dipicu oleh Politik kekuasaan. Perebutan siapa yang pantas memimpin  Islam paska Rasul Wafat. Andaikan, Hussein tidak dibunuh di padang karbala mungkin Rafidhah (Syi'ah) tidak akan tampil militan sampai kini. Andai kekuasaan tidak membuat perpecahan mungkin Islam kini sudah menguasai dunia. Tentu kebaikan , kebenaran, keadilan akan tegak. Tapi semua telah terjadi. Sejarah berkata lain. Ini kehendak Allah. Tugas kita orang beriman harus menerima kenyataan sejarah ini memahami perbedaan untuk tidak saling berbisah hingga bermusuhan. Biarlah perbedaan itu ada. Ditengah perbedaan Sunni dan Rafidhah (Syi'ah), kita harus mengakui kesamaan kita bahwa kita sama sama mencintai Rasul dan bertaqwa kepada Allah, dengan kiblat sama ke Baitulllah. Kalau karena perbedaan itu kita bertikai maka yang paling diuntungkan adalah Iblis dan kaum yahudi yang jelas jelas musuh laten umat islam (surah Al-A'raf ayat 167)

No comments:

Menyikapi keputusan MK...

  Pasar bersikap bukan soal kemenangan prabowo -gibran. Tetapi bersikap atas proses keputusan yang dibuat oleh MK. Pasar itu jelas cerdas, l...